Upload dan Download Menggunakan FileZila

Cara Menggunakan FileZilla untuk Upload dan Download File.

Upload dan Download Menggunakan FileZila

Upload dan Download Menggunakan FileZila hanya bisa dilakukan dengan beberapa syarat diantaranya adalah: Anda sudah memiliki akun FTP, Sudah melakukan instal FileZilla, dan menyelesaikan Configurasi FTP Client pada FileZilla. Jika beberapa syarat tersebut sudah anda penuhi maka anda dapat melakukan Upload dan Download Menggunakan FileZila.

Artikel ini merupakan artikel lanjutan dari artikel sebelumnya tentang Configurasi FTP Client dan Cara Menggunakan FileZilla. Karena pada artikel sebelumnya terlalu panjang, oleh karena itu saya penggal dan hanya sampai pada Configurasi saja. Bagi anda yang ingin mengetahui, membutuhkan, dan belum membaca artikel tersebut, silahkan baca pada artikel tentang Configurasi FTP Client dan Cara Menggunakan FileZilla(Silahkan klik kanan > Open New window).

Mengapa Upload dan Download Menggunakan FTP Client?

Prosesnya sangat mudah, resiko tidak terlalu besar, dan dapat dilakukan kapanpun, ini adalah beberapa jawaban diantara jawaban yang lain.

Bagaimana Upload dan Download Menggunakan FileZila?

Pendahuluan: Karena pada turorial sebelumnya saya juga menjelaskan tentang antar muka FileZilla, maka kita akan gunakan istilah panel 1, panel 2, panel 3, panel 4, panel 5, dan panel 6.

Jika anda lupa silahkan lihat baca atau lihat Antar Muka FileZilla.

Baca Juga Cara Backup file website melalui cpanel, file manager, dan mysql.

Berikut adalah tentang cara Upload dan Download Menggunakan FileZila:

Upload File Menggunakan FileZilla

  1. Silahkan jalankan atau buka FileZilla > Klik Site Manager(Dibawah menu file - bagian atas - kiri) > Lalu Klik ftp.domain-name.com > Input Password FTP anda > Tunggu hingga pada panel 1(atas) muncul teks: "Directory listing of "/home/your-directory" successful".
  2. Pada Panel 2, Silahkan pilih folder dimana file yang ingin anda upload berada lalu silahkan klik.
  3. Pada Panel 3, Setelah anda klik folder pada panel 2 akan muncul seluruh folder dan file yang terdapat di dalamnya.
  4. Pada Panel 5, Menunjukan directory pada cpanel anda, silahkan pilih pada folder mana file akan di upload, lalu silahkan klik.
  5. Pada Panel 6, Setelah anda klik folder pada panel 5 akan menunjukan isi dalam folder yang anda klik tersebut.
  6. Setelah pada point 5 anda merasa yakin bahwa tempat anda akan upload file benar, kembali pada panel 3 > klik salah satu file lalu tekan Ctrl + A pada keyboard komputer/laptop anda. Sehingga sekarang seluruh file pada panel 3 terpilih/terblock. Lanjutkan dengan klik kanan diatas panel 3 > klik Upload. Silahkan tunggu sampai proses upload selesai.

Catatan: Pastikan Pada Point 6 seluruh file yang memang ingin anda upload telah terpilih. Jika anda masih merasa ragu dan membutuhkan panduan, silahkan hubungi saya.

Baca Juga tentang Solusi aman dari serangan Hacker.

Download File Menggunakan FileZilla

  1. Pada Panel 5, silahkan pilih folder dimana di dalamnya terdapat file-file dan folder yang ingin anda download.
  2. Pada Panel 6, setelah anda pilih folder pada panel 5(point 1) akan muncul seluruh folder dan file di dalamnya.
  3. Pada Panel 2, Silahkan pilih folder tempat dimana anda ingin menyimpan file hasil download.
  4. Kembali pada panel 6, Pilih seluruh file dan folder yang ingin anda download dengan cara klik salah satu file lalu tekan keyboard Ctrl + A pada komputer/laptop anda. Setelah semua file dan folder yang ingin di download seluruhnya terpilih, klik kanan lalu pilih atau klik "Download". Silahkan tunggu sampai proses download selesai.

~ Akhirnya Selesai ~

Related Post

Multibisnisindo.com

Merupakan Media Online jasa pembuatan website yang berada di Kabupaten Tangerang dengan mengutamakan informasi yang cerdas, Akurat dan berimbang