Tutorial Javascript Dasar 2

ID: JavaScript dapat ditempatkan di body dan head bagian dari halaman HTML. Tag script Dalam HTML, kode JavaScript harus disisipkan di antara tag script pembuka dan tag script penutup. | GB: JavaScript can be placed in the body and head section of an HTML

JavaScript Where To atau Cara Mereferensikan Javascript.

Sebelum sampai pada materi "Tutorial Javascript Dasar 2" ini, saya harap anda sudah mengikuti materi sebelumnya. Jika anda belum membaca materi tersebut, silahkan kembali pada materi awal terlebih dahulu. Sehingga anda tidak akan berada pada tingkatan yang terlalu curam.

→ Belajar Struktur HTML Dasar

Materi CSS Dasar

Tutorial Javascript Dasar untuk Pemula

Tutorial Javascript Dasar 1

JavaScript dapat ditempatkan di body dan head bagian dari halaman HTML. Tag script Dalam HTML, kode JavaScript harus disisipkan di antara tag script pembuka dan tag script penutup.

Contoh:

contoh yang lebih tua mungkin menggunakan jenis atribut: script type = "text/javascript". atribut jenis ini tidak diperlukan.

JavaScript adalah bahasa scripting default dalam HTML. Fungsi JavaScript dan Event Sebuah fungsi JavaScript adalah blok kode JavaScript, yang dapat dijalankan ketika "ditanya" untuk. Misalnya, fungsi dapat dijalankan ketika suatu peristiwa terjadi, seperti ketika pengguna mengklik tombol. Anda akan belajar lebih banyak tentang fungsi dan peristiwa di bab berikutnya. JavaScript di head atau body Anda dapat menempatkan sejumlah skrip dalam dokumen HTML. Script dapat ditempatkan di body, atau dalam head halaman HTML, atau keduanya. Menjaga semua kode selalu di satu tempat, adalah kebiasaan yang lebih baik. JavaScript di head Dalam contoh ini, fungsi JavaScript ditempatkan di head halaman HTML. Fungsi ini disebut ketika tombol diklik(onClick):

Contoh:

JavaScript di body Dalam contoh ini, fungsi JavaScript ditempatkan di body bagian dari halaman HTML. Fungsi ini dipanggil(disebut) ketika tombol diklik(when the button is clicked): Contoh:

Ini adalah ide yang baik untuk menempatkan script di bawah body elemen. Hal ini dapat meningkatkan beban halaman, karena script kompilasi dapat memperlambat layar. eksternal JavaScript Script juga dapat ditempatkan dalam file eksternal: myScript.js


skrip eksternal praktis ketika kode yang sama digunakan dalam banyak halaman web yang berbeda. file JavaScript memiliki js ekstensi file. Untuk menggunakan skrip eksternal, menempatkan nama file script di src (source) atribut dari tag script:

Contoh:

Anda dapat menempatkan referensi skrip eksternal di head atau body yang Anda inginkan. script akan bersikap seolah-olah itu terletak persis di mana script tag berada, skrip eksternal tidak dapat berisi script tag.

Keuntungan eksternal JavaScript.

JavaScripts dalam file eksternal memiliki beberapa keuntungan:

  • Memisahkan HTML dan kode.
  • HTML dan JavaScript lebih mudah dibaca.
  • Memelihara file JavaScript cache dapat mempercepat beban halaman.

Related Post

Multibisnisindo.com

Merupakan Media Online jasa pembuatan website yang berada di Kabupaten Tangerang dengan mengutamakan informasi yang cerdas, Akurat dan berimbang