Petunjuk Cara Menggunakan Dreamweaver Versi Terbaru

ID: Adobe dreamweaver merupakan salah satu web editor yang banyak digunakan para pengembang dan perancang website. Karena dreamweaver sangat mudah digunakan dan memiliki fitur yang lengkap. | GB: Adobe Dreamweaver is a web editor that is widely used by de

Petunjuk Cara Menggunakan Dreamweaver Versi Terbaru

Pendahuluan

Adobe dreamweaver merupakan salah satu web editor yang banyak digunakan para pengembang dan perancang website. Karena dreamweaver sangat mudah digunakan dan memiliki fitur yang lengkap.
Agar dapat membantu pemahaman kalian dalam mempelajari tentang Menggunakan dasar dreamweaver, diharapkan kalian sudah paham tentang konsep dasar website dan internet. Sebagai pendukung, kalian juga diharapkan mengerti dasar-dasar desain grafis dan penggunaan tools pendukungnya, diantaranya: Adobe Photoshop, fireworks, flash, serta software pendukung desain grafis lainya yang berguna untuk mendukung pembuatan website.

Pengenalan Dreamweaver CS6

Sebagai langkah awal dalam pembuatan sebuah website harus mengetahui tentang cara yang baik dan benar. Hal ini sangat penting karena proses perancangan desain merupakan salah satu dasar dan langkah awal untuk membuat website secara keseluruhan. Dasar dari proses pembuatan desain web adalah menggunakan HTML dengan struktur dan sintaks pemrograman yang tentunya tidak semua orang dapat dengan muda mempelajarinya.

Pelajari tentang Struktur HTML Dasar

Dalam hal inilah fungsi dreamweaver menjadi berguna dan dibutuhkan. Karena dapat mempermudah pengguna dalam merancang desain website yang sedang dikerjakan.
Menjadi lebih penting lagi karena diera seperti sekarang ini, penggunaan media internet dan media sosial lebih meluas di kalangan pelaku bisnis dan pengusaha, lebih cepat, tepat, dan efisien dalam memperkenalkan atau mempromosikan perusahaan, bisniss, dan produk yang dimiliki.

Sebelum melangkah lebih jauh saya sarankan untuk boookmark halaman ini(Tekan Ctrl+D pada keyboard). Karena artikel ini akan sangat panjang dan terbagi menjadi beberapa bagian.

Adobe dreamweaver CS6 merupakan versi terbaru dari dreamweaver yang sebelumnya, yakni adobe dreamweaver cs5. Adapun kelebihan pada dreamwever CS6 adalah selain memberikan tampilan yang lebih baik, juga semakin mudah penggunaanya.
Dremweaver mengintegrasikan beragam fitur untuk mendukung kebutuhan pengembang web, termasuk pembuatan dan desain halaman web dan pengelolaanya.

Baca Tentang Konsep Penting Pembuatan Website

Dreamwever CS6 dilengkapi banyak tools yang berkaitan dan sangat erat hubunganya dengan pengkodean, seperti: HTML, CSS, XML, dan pemrograman Client Site diantaranya: Javascript.
Aplikasi dreamweaver juga mendukung pemrograman Script Server Site, seperti: PHP, Active Server Page(ASP), ASP.NET, ASP Java Script, ASP VB Script, Could fusion, dan Java server Page(JSP).

Pada dreamweaver CS6 pengguna tidak diharuskan secara keseluruhan mengetikan baris kode. Karena dreamwever CS6 dilengkapi dengan fitur "Drag and Drop". Sehingga untuk menempatkan atau memasukan beberapa file dapat dilakukan dengan drag kedalam dokumen web yang sedang di kerjakan.

Keunggulan lain dari dreamweaver CS6 adalah bahwa pada dreamweaver CS6 ini pengguna dapat secara langsung melakukan import file dan menyisipkan gambar serta movie yang telah dibuat dari applikasi lain misalnya flash, atau FLV.

Fitur Baru Dreamweaver CS6

Berikut adalah fitur baru yang dimiliki dreamweaver CS6, yang pada dasarnya memilik kesamaan dengan versi sebelummnya:

    • Build-in CMS

Fitur ini sangat penting dan berguna untuk mendukung pengelolaan CMS. Berfungsi untuk menciptakan dan melakukan pengujian terhadap bahan-bahan System Manajemen Konten(CMS), seperti: PopojiCMS, Wordpress, Joomla, serta yang lainya.

    • Integrasi dengan Adobe Browser Lab

Yaitu sebuah Pemetaan halaman dinamis dan konten lokal dengan melakukan perbandingan melalui beberapa pandangan, diagnosis, dan perbandingan itu sendiri.

    • Petunjuk PHP kelas custom

Untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam pengkodean, terdapat fitur tampilan sintaks PHP.

    • Manajemen File yang di gunakan

Memberikan kemudahan dalam mengatur berbagai file yang digunakan untuk menyusun halaman web dengan lebih efisien. Fitur ini dapat menampilkan semua dokumen yang terhubung pada halaman web, misalnya: CSS, Jacascript, PHP, atau XML.
JacaScript frameworks ini meliputi jQuery, Prototype, dan Spry yang dapat dimanfaatkan untuk menciptakan halaman web yang lebih interaktif.

    • HTML data sets

Fitur ini memungkinkan pengguna membuat data dalam struktur HTML, seperti: div tags, unordered, serta lainya. Fitur ini dapat dgunakan melalui menu bar → Insert → Spry → Spry Data Set.

    • Photoshop Smart Objects

Dengan fitur ini pengguna dapat melakukan copy paste file Photoshop(*.PSD) ke dalam halaman web pada applikasi dreamweaver CS6 dan langsung melakukan edit file tersebut sebagai desain interface web.

SarterPage

StarterPage adalah halaman awal dreamweaver CS6 pada saat pertama kali baru dibuka. Pada starterpage ini terdapat tiga menu utama, yaitu: Open Recent, Create New, dan Top Features (Videos). Sedang menu yang terdapat pada bagian bawah diantaranya: Getting Started, New Feature, dan Dreamweaver Exchange.

Uraian menu StarterPage

  • Open Recent Item: Menu ini memberi pilihan untuk membuka file atau recent file yang baru digunakan. Untuk membuka file gunakan tombol Open pada StarterPage.
  • Create New: Digunakan untuk membuat file baru sesuai jenis yang tersedia pada menu dibawahnya.
    1. HTML(Hypertext Markup Language): Merupakan struktur dasar untuk pembuatan web. File HTML berisikan instruksi untuk membuat sebuah struktur dan susunan tataletak file dokumen, yang kemudian akan ditampilkan pada World Wide Web.
    2. ColdFusion: Adalah bahasa scripting yang digunakan oleh adobe CouldFusion, BlueDragon, dan sebagainya untuk scripting server-side.
    3. PHP(Hypertext Preprocessor): Merupakan bahasa pemrograman yang umum digunakan sebagai scripting serverside.
    4. CSS(Cascading Style Sheet): Merupakan bahasa stylesheet yang berfungsi dan digunakan untuk mengatur(memberikan) desain dan gaya tampilan halaman web(Tema atau template).
      Baca tentang Materi CSS Dasar.
    5. Javascript: Adalah bahasa scripting yang memiliki kesamaan dengan penggunaan sintaks bahasa pemrograman C.
      Script ini umum digunakan sebagai pengembangan web client-side.
      Baca Juga Tutorial Javascript Dasar untuk Pemula.
    6. XML: Merupakan kepanjangan dari Extensible Markup Language, Sama seperti halnya HTML menggunakan markup tags. Penggunaan XML tidak terbatas pada pembuatan halaman web saja.
    7. Dreamweaver Site: Digunakan untuk pembuatan web baru menggunakan pemrograman dreamweaver.
  • Top Feature (Videos): Berguna untuk membuka beberapa feature yang telah disediakan melalui internet.
Kelanjutan tentang Menggunakan Dasar Dreamweaver akan dilanjutkan pada:
Penggunaan Dreamweaver untuk Mengelola Dokumen Web.

Related Post

Multibisnisindo.com

Merupakan Media Online jasa pembuatan website yang berada di Kabupaten Tangerang dengan mengutamakan informasi yang cerdas, Akurat dan berimbang