Konsep Penting Membuat Website

ID: Sebelum merancang sebuah website yang profesional, seorang pengembang web harus memiliki ide serta gagasan tentang point apa saja yang akan ditampilkan dalam halaman website yang ia bangun. Dengan demikian, seorang perancang website harus berkonsultas

Beberapa konsep dasar yang penting dalam membuat website.

Sebelum merancang sebuah website yang profesional, seorang pengembang web harus memiliki ide serta gagasan tentang point apa saja yang akan ditampilkan dalam halaman website yang ia bangun. Dengan demikian, seorang perancang website harus berkonsultasi dengan pemilik website itu sendiri, agar segala sesuatu yang menjadi tujuan pemilik web dapat terpenuhi.

Berbeda dengan seorang pengembang web(web developer) yang diberikan kebebasan penuh dalam membuat sebuah website. Pemiliki web umumnya mempercayakan sepenuhnya kepada pengembang website(web developer). Nah, dengan demikian sebagai seorang developer harus benar-benar membuktikan keterampilannya dalam membuat dan merancang website secara profesional agar para pemiliki web tidak kecewa dengan karya yang telah dibuat.

Untuk menjadi seorang pengembang web profesional bukan hal yang mudah karena harus memadukan antara bahasa pemrograman website dengan nilai estetika atau desain yang terdapat dalam setiap halaman web. Dengan demikian seorang perancang website disebut profesional jika disisi lain juga dapat mendesain tema sebuah website.

Agar website yang dibuat memberikan kesan profesional beberapa hal harus menjadi pertimbangan.
Berikut ini terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah website:

DAPAT DIGUNAKAN DENGAN BAIK(USABILITY)

Usabilitas merupakan hal yang sangat penting dalam merancang web (web design). Memang sangat baik jika memiliki sebuah website dinamis yang nampak profesional dan bagus, akan tetapi perhatikan juga sisi kenyamanan pengguna saat mengakses website yang anda bangun. Jangan sampai karena mengutamakan usabilitas akhirnya membuat load website menjadi berat, sehingga saat seorang pengguna ingin mengakses sebuah artikel membutuhkan waktu yang lama. Karena jika itu terjadi sudah tentu para pengguna akan pergi dan enggan untuk kembali.
Karena umumnya pengguna website menginginkan informasi yang mereka cari dapat ditemukan dengan cepat.

NAVIGASI MENU(NAVIGATION) TERSUSUN RAPIH

Buatlah navigasi atau menu yang dapat dengan mudah dimengerti pengguna. Sehingga seorang pengguna yang berkunjung dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka cari.
Sebuah menu navigasi yang baik dapat menggambarkan struktur website itu sendiri, ini tercermin dari susunan menu navigasi.

Breadcrumb:

Setiap halaman sebuah website terkecuali halaman beranda, hendaklah memiliki "breadcrumb pages" yang di dalamnya terdapat tombol beranda. Sehingga pengguna dapat dengan mudah untuk kembali ke halaman depan atau beranda website anda.

Hyperlink atau Link:

Jangan membuat atau hindari membuat link yang bersifat tersembunyi, yang secara tidak langsung dikatakan membohongi pengunjung dengan link tersebut.
Buatlah link berbeda dengan teks biasa dengan menambahkan garis bawah pada teks atau dengan memberikan warna berbeda namun nyata. Sebagai contoh link yang nyata adalah: baca artikel sebelumnya tentang "Cara Membuat Website", silahkan perhatikan. Saat pengunjung mengakses atau mengklik link tersebut maka akan dialihkan pada artikel yang memang memiliki judul dan artikel tentang "Cara Membuat Website".
Sekarang bandingkan dengan link yang bersifat tersembunyi atau hidden link berikut: Untuk mempelajari tentang cara membuat website silahkan "KLIK DISINI". Dengan kalimat atau kata "KLIK DISINI" yang diberi link, maka pengguna akan bertanya-tanya,"Apa sebenarnya yang ada di dalam link tersebut?" atau "Ada apa di halaman tersebut?". Hal itu tentu akan memberikan pengalaman yang tidak nyaman bagi pengunjung.
Jika anda ingin memberikan link eksternal(link yang mengarah ke website lain) pada sebuah halaman atau artikel, berikanlah url link yang nyata, misalnya: Untuk belajar lebih lanjut tentang cms terbaik Indonesia silahkan kunjungi http://popojicms.org atau http://wordpress.com dan sebagainya. Yang terpenting adalah tunjukan url apa adanya untuk memberikan link eksternal dalam sebuah artikel.

WRITING CONCEPT atau KONSEP PENULISAN YANG BAIK

Waktu merupakan hal sangat penting bagi mereka yang menggunakan Internet, sehingga mereka tidak akan membuang waktunya hanya untuk membaca teks memiliki kesan bertele-tele, panjang namun makna yang sesungguhnya hanya pendek.
Konsep penulisan dalam sebuah website:

  • Buatlah struktur kalimat sederhana: Singkat, padat, dan jelas.
  • Perikan tanda khusus untuk kalimat penting, gunakan warna untuk membedakan atau dengan cetak tebal.
  • Jika perlu buatlah bullet atau nomor.
  • Hindari pembuatan halaman terlalu panjang scroll kebawah.
  • Gunakan link untuk highlight dan mengarahkan pengguna untuk informasi lebih lanjut.
  • Gunakan subheading.
  • Hindari perataan teks di tengah-tengah(center).
  • Jangan menggunakan semua huruf kapital.
  • Hindari teks miring(italic) secara berlebihan.
  • Pertahankan isi (content) dari style – gunakan style sheet dan masukakan file lain yang mendukung.
  • Hindari warna yang terlalu mencolok, jika mungkin hindari warna sebagai satu-satunya penanda. Dan sebagai alternatif yang lebih baik gunakan garis bawah untuk membedakan teks link dan teks biasa.

Semoga artikel ini dapat membantu, salam sukses untuk anda.

Related Post

Multibisnisindo.com

Merupakan Media Online jasa pembuatan website yang berada di Kabupaten Tangerang dengan mengutamakan informasi yang cerdas, Akurat dan berimbang