Fitur dan Konten pada Website

If you're a web developer, or are building a website, especially in making websites using PopojiCms. Of course you want to show certain features and content to the website being you wake up. And to the official web popojicms.org has provided the entire sn

Fitur dan Konten pada Website

Jika kamu seorang pengembang website, atau sedang membangun sebuah website terutama dalam pembuatan website menggunakan PopojiCms. Sudah tentu kamu ingin menampilkan fitur dan konten tertentu untuk website yang sedang kamu bangun. Dan untuk itu web official popojicms.org telah menyediakan seluruh snippet yang kamu butuhkan untuk menampilkan fitur dan konten.

Yang juga menjadi hal untuk kamu ketahui adalah, bahwa kamu juga pasti memiliki keinginan untuk menampilkan fitur dan konten tertentu dimana snippet atau sourrce kode tersebut tidak dapat kamu temukan di web official popojicms.org atau ditempat lain. Karena multibisnisindo merupakan satu-satunya blog yang menyediakan tutorial tentang PopojiCms.

Untuk itulah saya buat artikel ini, agar kamu dapat menambahkan fitur dan konten yang kamu inginkan, dimana snipppet atau source kode dan tutorialnya tidak kamu dapatkan di tempat lain.

Berikut merupakan fitur dan konten yang sering ditanyakan oleh para pengembang untuk melengkapi website yang sedang mereka bangun.

Menampilkan album pada halaman beranda website

Artikel ini saya buat satu bulan yang lalu oleh karena ada beberapa teman yang menanyakan tentang Menampilkan Album pada halaman Beranda Website.

Manipulasi plugin komentar

Artikel ini saya buat dari inisiatif saya sendiri, karena saya menerapkan atau membuat plugin komentar pada website ini dengan dua plugin komentar. Yaitu dengan plugin komentar default dari PopojiCms dan plugin komentar facebook. Hasilnya saya lihat lebih baik, artinya dengan dua plugin komentar ini pengunjung memiliki dua cara atau sarana untuk memberikan komentar. Jika kalian ingin menggunakan ini untuk website atau blog kaian silahkan baca tutorial tentang Membuat atau Mengganti Plugin Komentar menggunakan Plugin Komentar Facebook.

Membuat Galeri Post

Galeri Post dalam artikel ini berbeda dengan galeri yang sering kalian jumpai pada halaman beranda sebuah website. Melainkan galeri untuk post tertentu, galeri post ini akan muncul hanya jika kalian mengupload gambar sebagai galeri pada saat pembuatan post. Dan menambahkan source kode untuk pemanggilan galeri post tersebut pada file detailpost.php
Jika kalian ingin menerapkan atau membuat galeri post untuk website yang kalian miliki silahkan baca tutorial tentang Membuat galeri atau slider Post.

Site URL dan Permalink

Artikel ini saya buat karena banyak pengembang yang belum mengetahui tentang pengaturan Site ULR dan Permalink. Disisi lain ada snipppet untuk pembuatan sitemap yang memang harus disesuaika supaya sitemap(sitemap.xml) yang dihasilkan tidak terdapat error. Secara umum, error pada sitemap ini tidak tampak atau tidak menampilkan pesan error. Kalian akan mengetahui adanya error saat kalian melakukan submit sitemap ke google webmaster tool. Dan itupun tidak serta merta saat kalian melakukan submit lalu pesan error akan di tampilkan, melainkan setelah beberapa hari baru pesan error itu akan tampil.
Jika benar suatu saat kalian mengalami hal ini, silahkan baca tutorial tentang Site URL dan Permalink pada point ke 4.

Menempatkan iklan di tengah konten atau post

Bagi kalian yang mengelola web portal, atau kalian sebagai publisher adsense. Penempatan iklan ditengah konten menjadi salah satu kebutuhan. Jika ini yang kalian inginkan silahkan baca tentang Trik Menempatkan iklan di tengah konten atau post.

Menambah source halaman baru

Menambah source halaman baru yang dimaksudkan disini adalah degan penambahan sebuah file, misalkan: order.php, hubungi.php, konfirmasi.php, atau halaman apapun yang ingin kalian tambahkan dengan penambahan sebuah file php. Sehingga halaman ini memiliki perbedaan dari halaman yang sudah ada, dan dapat menampilkan konten sesuai yang kalian inginkan.
Jika kalian memiliki keinginan untuk hal ini silahkan baca tutorial tentang Menambah source halaman baru.

Membuat Halaman Baru dan menampilkan pada frontend Website

Membuat Halaman Baru dan menampilkan pada frontend Website ini berbeda dengan yang baru saja kalian baca diatas. Dalam hal ini misalnya kalian telah membuat halaman baru melalui dashboard admin(selain tentang kami dan layanan), contoh seandainya kalian membuat halaman "Price List" atau "Harga Produk". Akan tetapi kalian ingin menampilkan halaman yang kalian buat ini mungkin pada halaman beranda, atau pada halaman lain selain halaman pages.php
Untuk hal tersebut kalian harus menggunakan snippet php yang dapat memanggil halaman tersebut. Jika kalian inginkan hal ini silahkan baca tutorial tentang Membuat Halaman Baru dan menampilkan pada frontend Website.

Menampilkan Popular Post dalam Jumlah hari Tertentu

Khusus untuk tutorial ini baru saya buat artikelnya saat ini juga, karena sudah beberapa teman yang menanyakan.
Silahkan baca baik-baik tutorial berikut:
Kalian dapat menampilkan Popular Post dalam beberapa hari sesuai keinginan, berikut adalah snipppet untuk pemanggilan popular post dalam beberapa pilihan yang tersedia:

Populer Tiga hari Terakhir:
->where('post.publishdate', date('Y-m-d', strtotime('-3 days')))

Populer minggu ini :
->where('DATE(post.publishdate)', 'DATE_SUB(DATE("'.date('Y-m-d').' 00:00:00"), INTERVAL 1 WEEK)')


popular bulan ini :
->where('MONTH(post.publishdate) = ?', date('m'))

Popular Tahun ini:
->where('YEAR(post.publishdate) = ?', date('y'))

Caranya adalah sebagai berikut:

Pilihlah dan tentukan satu keinginan kalian lalu copy kodenya dan tempel pada:
po-content/widget/post/post.php

Tambahkan sebagai where baru diatas orderby pada snippet "Pemanggilan Post Popular".

/**
* Fungsi ini digunakan untuk mengambil daftar post populer.
*
* This function use to get list of popular post.
*
* $limit = integer
* $order = string ASC or DESC
* $lang = WEB_LANG_ID
*/

public function getPopular($limit, $order, $lang)
{
    $popular = $this->core->podb->from('post')
		->select(array('post_description.title', 'post_description.content'))
		->leftJoin('post_description ON post_description.id_post = post.id_post')
		->where('post_description.id_language', $lang)
		->where('post.active', 'Y')
		->where('post.publishdate < ?', date('Y-m-d H:i:s'))
		->where('MONTH(post.publishdate) = ?', date('m'))
			
		/**
		* Tambahkan where baru pada baris ini(158 atau 163), pada contoh diatas saya menambahkan where
		* untuk popular post bulan ini.
		*/
			
		->orderBy('post.hits '.$order.'')
		->limit($limit)
		->fetchAll();
    return $popular;
}

Langkah selanjutnya gunakan snippet untuk pemanggilan Popular Post dibawah ini:

Snippet popular post :

Param 1 : banyaknya data post yang akan diambil
Param 2 : sorting data post ASC atau DESC
Param 3 : WEB_LANG_ID mengambil post sesuai id bahasa yang sedang aktif

 

Related Post

Multibisnisindo.com

Merupakan Media Online jasa pembuatan website yang berada di Kabupaten Tangerang dengan mengutamakan informasi yang cerdas, Akurat dan berimbang